Rabu, 23 Oktober 2013

manajemen pendidikan dalam pemasaran pendidikan



PEMASARAN PENDIDIKAN
            Pemasaran pendidikan merupakan langkah pembaharuan ketika sebuah lembaga pendidikan mengikuti ketatnya persaingan untuk memperoleh customer.
Ø  Tujuan Pemasaran Pendidikan
Dapat dilakukan melalui promosi dengan tujuan untuk
1.      Memberi informasi kepada masyarakat tentang produk-produk sekolah.
2.      Meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat tentang produk sekolah.
3.      Membedakan produk sekolah dengan produk sekolah lain.
4.      Memberi penekanan nilai ‘lebih’ yang diterima masyarakat atas produk yang ditawarkan.
5.      Menstabilkan eksistensi dan kebermaknaan sekolah di masyarakat.
Ø  Pasar merupakan tempat bertransaksi berbagai komoditas yang dihasilkan produsen dengan yang dibutuhkan, diinginkan dan diharapkan konsumen.
Ø  Pendidikan merupakan produk jasa yang dihasilkan dari lembaga pendidikan yang bersifat non profit, sehingga hasil dari proses pendidikan kasad mata.
Ø  Sekolah merupakan salah satu kelembagaan satuan pendidikan.
Ø  Jasa merupakan sesuatu yang tidak berwujud akan tetapi dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang diproses dengan menggunakan atau tidak menggunakan bantuan produk fisik dimana proses yang terjadi merupakan interaksi antara penyedia jasa dengan pengguna jasa yang mempunyai sifat tidak mengakibatkan peralihan hak atau kepemilikkan.
Ø  Karakteristik Pendidikan
·     Lebih bersifat tidak berwujud daripada berwujud.
·     Produksi dan konsumsi bersamaan waktu.
·     Kurang memiliki standar dan keseragaman.

1 komentar:

  1. Casino site review, best bonus, free spins & games
    Casino site review, best bonus, free luckyclub.live spins & games for slot machines, live casino games, roulette, blackjack, live poker, video poker.

    BalasHapus