Selasa, 29 Oktober 2013

Teori Belajar




A. Pengertian Belajar menurut pandangan Psikologi tingkah laku              
Penganut psikologi tingkah laku (behaviourist) memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan tanggapan dari dalam diri si  anak (response) yang bisa diamati. Bahwa ganjaran ataupun penguatan merupakan kata kunci dalam proses belajar mengajar.
Psikologi tingkah laku terdapat beberapa teori, seperti .
1.   Teori Skinner
Menyatakan bahwa penguatan terdiri atas penguatan positif dan penguatan negative, Jika respon siswa baik (menunjang efektivitas pencapaian tujuan) harus segera diberi penguatan positif agar respon tersebut lebih baik lagi,atau minimalnya perbuatan baik itu dipertahankan.
2.   Teori Ausubel
Menurut Ausubel, siswa akan belajar dengan baik jika “pengatur kemajuan (belajar)” atau advance organizer didefinisikan dan dipresentasikan dengan baik dan tepat kepada siswa. bahwa menghafal berlawanan dengan bermakna, karena belajar dengan menghafal, peserta didik tidak dapat mengaitkan informasi yang diperoleh itu dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Akan lebih berhasil jika materi yang dipelajari bermakna.
3.   Teori Gagne
Gagne mengemukakan bahwa ketrampilan-ketrampilan yang dapat diamati sebagai hasil-hasil belajar disebut kemampuan-kemampuan atau disebut juga kapabilitas.

B.  Pengertian belajar menurut pandangan Psikologi Kognitif    

Psikologi kognitif adalah kajian studi ilmiah mengenai proses-proses mental atau pikiran. Bagaimana informasi diperoleh, dipresentasikan dan ditransfermasikan sebagai pengetahuan.
Psikologi kognitif terdapat beberapa teori, seperti.
1.   Teori Piaget
Menurut Piaget seperti yang dikutip Woolfolk (2009) perkembangan kognitif dipengaruhi oleh  maturasi (kematangan), aktivitas dan transmisi sosial. Maturasi atau kematangan berkaitan dengan perubahan biologis yang terprogram secara genetik.
2.   Teori Brunner
Menurut Brunner, pembelajaran hendaknya dapat menciptakan situasi agar mahasiswa dapat belajar dari diri sendiri melalui pengalaman dan eksperimen untuk menemukan pengetahuan dan kemampuan baru yang khas baginya.

3.   Teori Vygotsky
Menurut Vygotsky menekankan bagaimana proses-proses perkembangan mental seperti ingatan, perhatian, dan penalaran melibatkan pembelajaran menggunakan temuan-temuan masyarakat seperti bahasa, sistem matematika, dan alat-alat ingatan.
4.   Teori Van Hiele
Dalam pengajaran geometri terdapat teori belajar yang dikemukakan oleh Van Hiele (1954), yang mnguraikan tahap-tahap mental anak dalam pengajaran geometri. Van Hiele adalah seorang guru bangsa Belanda yang mengadakan penelitian dalam geometri. Hasil penelitiannya itu dirumuskan dalam disertasinya, diperoleh dari kegiatan tanya jawab dan pengamatan.



Daftar Pustaka

Anonim. 2012.  “ Aliran Psikologi Kognitif ”. (online), (file:///D:/ALIRAN% 20PSIKOLOGI%20KOGNITIF%20_%20Half-Personality%20Angel.htm, diakses tanggal 12 Maret 2013 pukul 20.30).
              
Anonim. 2011. “ Teori Perkembangan Kognitif  “. (online), (http:// edukasi.kompasiana.com/2011/03/12/teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget dan-implementasinya-dalam-pendidikan/, diakses tanggal 12 Maret 2013 pukul 20.30)

Anonim. 2012. “ Sains Matika “. (online), (http://sainsmatika.blogspot.com /2012/06/implikasi-aliran-psikologi-tingkah-laku.html, diakses tanggal 12 Maret 2013 pukul 20.30)

1 komentar:

  1. Harrah's Las Vegas Casino - Mapyro
    Harrah's Las Vegas Casino 동두천 출장안마 in Las Vegas, 보령 출장마사지 NV, United States - See map. This casino is located in 수원 출장안마 the 익산 출장마사지 hotel. The casino 파주 출장샵 has 466 slot machines. Rating: 8.1/10 · ‎1,994 votes

    BalasHapus