A. Pengertian Belajar
menurut pandangan Psikologi tingkah laku
Penganut psikologi
tingkah laku (behaviourist) memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan
tanggapan dari dalam diri si anak (response) yang bisa diamati.
Bahwa ganjaran ataupun penguatan merupakan kata kunci dalam proses belajar
mengajar.
Psikologi tingkah laku
terdapat beberapa teori, seperti .
1. Teori Skinner
Menyatakan
bahwa penguatan terdiri atas penguatan positif dan penguatan negative, Jika
respon siswa baik (menunjang efektivitas pencapaian tujuan) harus segera diberi
penguatan positif agar respon tersebut lebih baik lagi,atau minimalnya
perbuatan baik itu dipertahankan.
2. Teori Ausubel
Menurut Ausubel, siswa akan belajar dengan baik jika
“pengatur kemajuan (belajar)” atau advance organizer didefinisikan dan
dipresentasikan dengan baik dan tepat kepada siswa. bahwa menghafal berlawanan
dengan bermakna, karena belajar dengan menghafal, peserta didik tidak dapat
mengaitkan informasi yang diperoleh itu dengan pengetahuan yang telah
dimilikinya. Akan lebih berhasil jika materi yang dipelajari bermakna.
3. Teori Gagne
Gagne mengemukakan bahwa
ketrampilan-ketrampilan yang dapat diamati sebagai hasil-hasil belajar disebut
kemampuan-kemampuan atau disebut juga kapabilitas.
B. Pengertian belajar menurut
pandangan Psikologi Kognitif
Psikologi kognitif adalah kajian studi ilmiah mengenai proses-proses mental atau pikiran. Bagaimana informasi diperoleh, dipresentasikan dan ditransfermasikan sebagai pengetahuan.
Psikologi
kognitif terdapat beberapa teori, seperti.
1. Teori
Piaget
Menurut Piaget seperti yang dikutip
Woolfolk (2009) perkembangan kognitif dipengaruhi oleh maturasi
(kematangan), aktivitas dan transmisi sosial. Maturasi atau kematangan
berkaitan dengan perubahan biologis yang terprogram secara genetik.
2. Teori
Brunner
Menurut Brunner, pembelajaran hendaknya dapat
menciptakan situasi agar mahasiswa dapat belajar dari diri sendiri melalui
pengalaman dan eksperimen untuk menemukan pengetahuan dan kemampuan baru yang
khas baginya.
3. Teori
Vygotsky
Menurut Vygotsky menekankan bagaimana proses-proses
perkembangan mental seperti ingatan, perhatian, dan penalaran melibatkan
pembelajaran menggunakan temuan-temuan masyarakat seperti bahasa, sistem
matematika, dan alat-alat ingatan.
4. Teori
Van Hiele
Dalam pengajaran geometri terdapat teori belajar
yang dikemukakan oleh Van Hiele (1954), yang mnguraikan tahap-tahap mental anak
dalam pengajaran geometri. Van Hiele adalah seorang guru bangsa Belanda yang
mengadakan penelitian dalam geometri. Hasil penelitiannya itu dirumuskan dalam
disertasinya, diperoleh dari kegiatan tanya jawab dan pengamatan.
Daftar Pustaka
Anonim. 2012. “ Aliran Psikologi Kognitif ”. (online), (file:///D:/ALIRAN%
20PSIKOLOGI%20KOGNITIF%20_%20Half-Personality%20Angel.htm, diakses
tanggal 12 Maret 2013 pukul 20.30).
Anonim. 2011. “
Teori Perkembangan Kognitif “. (online),
(http:// edukasi.kompasiana.com/2011/03/12/teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget
dan-implementasinya-dalam-pendidikan/, diakses tanggal 12 Maret 2013 pukul
20.30)
Harrah's Las Vegas Casino - Mapyro
BalasHapusHarrah's Las Vegas Casino 동두천 출장안마 in Las Vegas, 보령 출장마사지 NV, United States - See map. This casino is located in 수원 출장안마 the 익산 출장마사지 hotel. The casino 파주 출장샵 has 466 slot machines. Rating: 8.1/10 · 1,994 votes